in , , , ,

Perpanjang SIM Bisa Lewat HP, Bagaimana Caranya?

Nkri.Ikhtisar.Net

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri tinggal menghitung hari untuk meluncurkan aplikasi mobile apps “Sinar” (SIM Presisi Nasional). Salah satu kemudahan dari aplikasi tersebut ialah pemohon perpanjangan SIM (Surat Izin Mengemudi) tak perlu lagi repot datang ke Satpas. Tapi bagaimana dengan tes kesehatan?

Seperti diketahui saat melakukan perpanjangan masa SIM harus disertakan dengan surat keterangan sehat. Biasanya di unit pelayanan SIM seperti di Satpas, disediakan loket untuk menjalani tes kesehatan.

Namun seperti yang sudah dijelaskan Kepala Sub Direktorat SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi (Ditregident) Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri Komisaris Besar Jati bahwa dalam aplikasi Sinar juga tersedia layanan pemeriksaan kesehatan.

“Aplikasi ini baru, yang berisi layanan perpanjangan SIM A dan C secara online tanpa kehadiran pemohon, layanan uji teori sim secara online, lalu layanan pemeriksaan psikologi melalui aplikasi E-PPsi dan layanan pemeriksaan kesehatan melalui aplikasi E-Rikkes,” ucap dia kepada detikOto beberapa waktu yang lalu.

“Khusus perpanjangan SIM A (mobil) dan SIM C (motor) secara online, pemohon tidak perlu hadir ke Satpas,” sambung dia.

Lalu bagaimana langkahnya?

Pertama-tama, pemohon yang akan memperpanjang masa berlaku SIM A dan C mengunduh aplikasi digital Korlantas melalui “app store” atau “play store” pada telepon seluler, yang bakal meluncur pada 12 April 2021.

Dikutip Antara, pemohon memverifikasi nomor telepon seluler dan muncul fitur registrasi mencantumkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai kartu tanda penduduk (KTP) atau nomor SIM sebelumnya atau swafoto KTP/SIM (selfie).

Kemudian setelah itu verifikasi hasil e-RIKKES dan e-PPSI untuk pemeriksaan kesehatan dilakukan secara elektronik. Jadi Dokkes Mabes Polri sudah memberitahukan kepada Dokkes seluruh polda.

Halaman: 1 2

Gusti Nurul, Putri Solo yang berani menolak cinta bung karno.