in , , , ,

Daftar Bantuan Pemerintah yang Dilanjutkan di 2021, Prakerja hingga BLT UMKM

Nkri.Ikhtisar.Net

Sepanjang tahun 2020 pemerintah terus memberikan bantuan Corona untuk masyarkat yang terdampak karena pandemi ini. Bahkan, di awal tahun ini, virus Covid-19 masih merajalela. Pemerintah mengambil kendali untuk melanjutkan bantuan sosial (bansos) di tahun 2021.

Dengan perpanjangan sederet bansos ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat. Juga, menjaga perputaran ekonomi. Bantuan ini bermacam-macam, ada yang untuk rumah tangga, pekerja/buruh, hingga pelaku usaha kecil. Lalu, apa saja bantuan pemerintah yang akan berlanjut di tahun 2021? Berikut ini daftarnya.Bantuan Sosial Tunai (BST)Pada tahun ini, program bantuan tunai ditargetkan kepada 10 juta keluarga dengan total anggaran senilai Rp 12 triliun. Penyalurannya sudah mulai dilakukan bulan Januari ini dengan anggaran sebesar Rp 3 triliun.Para penerima akan mendapatkan uang sebesar Rp 300 ribu per bulannya. Bantuan ini akan disalurkan melalui PT Pos Indonesia selama empat bulan berturut-turut terhitung dari Januari hingga April 2021.Masyarakat bisa langsung mengecek nama penerima bantuan sosial tunai ini melalui laman resmi

Baca Juga : cek Nama Kamu di kemensos.Co.id sapa tau ada nama kamu!!

https://dtks.kemensos.go.id. Bansos SembakoUntuk anggaran bansos sembako tahun ini totalnya sebesar Rp 45,12 triliun dengan target penerimanya 18,8 juta keluarga di seluruh Indonesia. Bansos ini sudah mulai disalurkan di bulan Januari dengan anggaran Rp 3,76 triliun.Yang berhak menerima bansos sembako ini adalah keluarga-keluarga yang miskin dan juga rentan. Keluarga tersebut sudah harus terdaftar dalam DTKS karena mekanisme penyalurannya akan berbeda dari tahun sebelumnya. Bukan berupa barang, melainkan dikirim ke rekening masing-masing.

Besaran yang akan didapatkan per bulannya adalah Rp 200 ribu. Bansos sembako ini disalurkan sepanjang tahun 2021, mulai dari Januari hingga Desember. Dananya akan dikirimkan melalui transfer rekening yang dilakukan oleh Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Program Keluarga Harapan (PKH)PKH merupakan program pemberian bantuan sosial bersyarat kepada keluarga miskin yang ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat PKH. Anggaran untuk bansos PKH sebesar 28,71 triliun dan menargetkan kepada 10 juta keluarga.Bansos ini mulai diberikan di bulan Januari, nantinya akan dicairkan setiap 3 bulan sekali dalam empat kali pencairan yaitu Januari, April, Juli dan Oktober 2021. Dananya akan disalurkan melalui Bank Himbara, yaitu BNI, BRI, Mandiri, dan BTN.Kartu PrakerjaHead of Communication Manajemen Pelaksana (PMO) Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, program Kartu Prakerja akan dilanjutkan di tahun ini dengan membuka gelombang ke-12. Adapun anggaran Kartu Prakerja di 2021 ini sebesar Rp 10 triliun. Angka itu lebih kecil dibandingkan tahun lalu, di mana anggarannya sebesar Rp 20 triliun.Namun, untuk pembukaan pendaftarannya masih menunggu keputusan dari Komite Cipta Kerja. Selain itu, bagi angkatan kerja yang sudah mendaftar di tahun 2020, tidak bisa lagi mendaftar di tahun 2021 ini.Berikut syarat yang ingin mengikuti program prakerja.

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Berusia di atas 18 tahun
  3. Tidak sedang sekolah/kuliah

BLT UMKMBansos untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) akan diperpanjang pada 2021 ini. Besaran yang diusulkan Kemenkop UKM pada tahun ini sebesar Rp 2,4 juta. Bantuan ini diberikan pemerintah untuk meringankan masyarakat yang memiliki usaha kecil.Sementara itu, target penerima BLT UMKM masih sama seperti tahun kemarin, yaitu sebanyak 12 juta pelaku UMKM. Bagi pelaku usaha yang ingin mendaftar bantuan ini hanya bisa dilakukan secara offline.Berikut ini syarat-syaratnya.

  1. WNI
  2. Mempunyai Nomor Induk kependudukan (NIK) yang dibuktikan dengan surat usulan dari pengusul
  3. Tidak sedang menerima kredit modal dan investasi dari perbankan
  4. Bukan berasal dari anggota aparatur sipil negara (ASN), TNI/Polri, dan pegawai BUMN/BUMD

Subsidi Listrik Awalnya, program subsidi ini berakhir pada Desember 2020. Namun, subsidi listrik akan dilanjutkan hingga Maret 2021 sebagaimana PT PLN memutuskan untuk memperpanjang subsidi ini guna meringankan masyarakat yang memenuhi syarat.Adapun subsidi ini bisa dinikmati mulai 7 Januari 2020. Berikut ini syaratnya.

  1. Pemberian listrik sebesar 100% atau gratis berlaku untuk rumah tangga golongan pelanggan 450 VA.
  2. Keringanan atau diskon listrik sebesar 50% untuk pelanggan 900 VA bersubsidi.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan subsidi ini, harus mengeklaim terlebih dahulu. Masyarakat bisa mengakses situs resmi PLN di www.pln.co.id atau melalui nomor WhatsApp resmi.

Sumber : Kumparan.Com

Segera Buka dtks.kemensos.go.id buat Cek Bansos Rp 300 Ribu!

Wamenkum: Menolak Vaksinasi Corona Bisa Dipenjara 1 Tahun.